Minggu, 27 September 2009

Sumber kebahagiaan dan kesuksesan di dunia


Jika Anda dikaruniai hal-hal berikut ini, maka anda termasuk orang yang dipilih untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan di dunia. Hal-hal tersebut adalah:





1. Pasangan yang menyenangkan ( romantis, lemah lembut, pandai berterima kasih dst...)
    Berapa banyak seorang suami yang merasa gerah, tertekan bahkan tersiksa oleh sikap dan watak istrinya. begitu pula sebaliknya.  Ahirnya yang lahir adalah pertengkaran, percekcokan, bahkan tak jarang hingga pada penganiayaan fisik, perceraian, bahkan pembunuhan. oleh karena itu pasangan yang menyenangkan adalah sebuah karunia yang besar karena ia bisa mendatangkan kebahagiaan dan kesuksesan di dunia.

2. Keturunan yang sholeh/ah
    Keturunan kita adalah kekayaan investasi termahal yang kita miliki. oleh karenanya kita sangat mencintai mereka. buktinya, kita merawat & menjaga mereka, memperhatikan segala keperluannya bahkan kita rela berkorban apa saja untuk menyenangkan hati mereka. Namun apa jadinya bila mereka kemudian menjadi anak yang tidak berbakti pada kedua orang tuanya... tentu akan sangat menyakitkan dan menyedihkan. apalagi dikala kita telah tua dan anak-anak kita telah tumbuh dewasa, tentu kita akan sangat bahagia bila anak-anak kita begitu perhatian dan sayang pada kita. dan sebaliknya, adalah sebuah musibah yang tiada tara bila mereka tak peduli pada kita, di masa kita telah tiada berdaya karena dimakan usia.... Na'udzubillaahi min dzalik. Sungguh, kita berdoa setiap hari agar kita dikaruniai anak-anak yang sholeh/ah karena itu adalah sumber kebahagiaan dan kesuksesan kita di dunia.

3. Lingkungan yang baik ( tetangga dan masyarakat sekitar tempat tinggal )
    adalah sebuah kebahagiaan apabila kita memperoleh lingkungan tempat tinggal yang baik bagi keluarga kita. sehingga kita tidak khawatir dengan keselamatan ;jasmani, pemikiran dan akidah anak-anak kita. oleh karena itu menjadi penting bagi kita untuk selektif dalam memilih tempat tinggal. Sehingga kita tidak hanya melihat faktor kemewahan dan kenyamanan tapi kita juga harus melihat tingkat kesholehan sosial yang ada di lingkungan tersebut. untuk hal ini mungkin kita perlu memperhitungkan beberapa hal sebagai berikut:
a. jarak rumah dengan masjid ( semakin dekat semakin baik )
b. profil tetangga kanan, kiri dan depan serta belakang rumah kita;
c. Perhatikan jumlah jamaah di masjid ketika sholat isya dan subuh: ( semakin banyak semakin baik )
d. Tingkat komunikasi antar warga di lingkungan kita ( semakin tinggi semakin baik )
e. Tingkat komitmen masyarakat pada kebersihan lingkungan mereka ( semakin tinggi semakin baik )

4. Ilmu yang bermanfaat ;
    Semakin banyak ilmu kita yang bisa kita manfaatkan untuk kebaikan dan kemaslahatan masyarakat maka kita pasti akan semakin merasakan kebahagiaan dan kesuksesan di dunia. Bukankah sebaik-baik kita adalah yang paling banyak memberikan manfaat bagi sesama kita..?!!? dan inilah perbedaan sifat antara ilmu dan  harta; Ilmu itu semakin dibagi maka jumlahnya semakin banyak, namun harta semakin dibagi jumlahnya akan semakin berkurang; Oleh karena itu, hal lain yang menjadi sumber kebahagiaan sesorang di dunia adalah ;

5.  Semangat untuk senantiasa memperbaiki diri melalui peningkatan IPTEK dan IMTAQ. Selama kita masih memiliki semangat untuk IPTEK dan IMTAQ, insya-Alllah kita senantiasa dekat pada kebahagiaan dan kesuksesan di dunia. Hanya saja kita juga perlu memperhatikan tingkat keseimbangan semangat kita pada keduanya; IPTEK dan IMTAQ.

6. Harta yang HALAL;
    Semakin terjamin tingkat keHALALan harta kita, maka insya-Allah kita akan semakin terjamin untuk bisa meraih kebahagiaan dan kesuksesan di dunia. dengan senantiasa mengkonsumsi sesuatu dari harta yang HALAL, semoga kita memilki sumber kebahagiaan yang terakhir, yaitu :

7.  Doa yang dikabulkan oleh Allah SWT;
    Setiap kita pasti akan bahagia bila doa-doa kita dikabulkan oleh Dzat yang maha kuasa, Allah SWT. Dan yang menjadi sebab dikabulkannya doa-doa kita adalah ketika kita berusaha dengan sungguh-sungguh untuk memperoleh harta yang halal. Kemudian bersabar dan bersyukur dengan karunia yang Allah berikan kepada kita. Smoga kita termasuk hamba-hamba-Nya yang doa-doanya senantiasa Allah terima sebagai ibadah sehingga menambah catatan pahala di akherat dan permohonannya Ia kabulkan di dunia... amin.

wallaahu a'lam. semoga manfaat.

Tidak ada komentar: