Senin, 14 September 2009

Bulan Romadhon.. Bulan Pembakaran

Ceramah Agama menjelang Buka Bersama
Masjid Baiturrahman - Perum.BCT, Malang ;

Romadhon berasal dari akar kata Ramada - Yarmadu - Ramdan, yang artinya yang membakar. Jadi, bulan romadhon adalah bulan pembakaran.
Apa yang dibakar?
Paling tidak ada 3 hal yang dibakar ketika seorang muslim melakukan ibadah puasa di bulan romadhon;
1. Puasa Romadhon mampu membakar makanan haram yang ada di perut kita, baik yang sengaja maupun yang tidak sengaja;
Siapakah diantara kita yang berani menjamin bahwa perut kita bersih dari makanan yang haram? Ketika kita membeli makanan di supermarket, yakinkah bahwa makanan yang kita beli 100% halal sementara kita tidak mempunyai ilmu tentang makanan yang kita beli. kita tidak tahu cara mengolahnya, bahan bakunya , proses pengemasannya dsb. saya kira semua kita hanya bermodalkan kepercayaan penuh pada produsen melalui label yang tertera pada makanan tersebut. apakah hal ini cukup untuk meyakinkan kita? padahal yakin itu bersumber dari Ilmu ( 'ilmul yaqin), dari mendengar/melihat berita ('ainul yaqin) dan juga dari pengalaman (haqqul yaqin).
Oleh karena itu, Allah SWT yang maha rakhim, mensucikan perut kita dari makanan haram melalui puasa romadhon yang kita laksanakan 1 bulan dalam 1 tahun.
jadi kalo kita mau jujur, sebenarnya puasa itu adalah kebutuhan kita. Seandainya Allah tidak mewajibkan kita untuk berpuasa, mungkin banyak di antara kita yang tidak puasa, padahal kita sangat membutuhkan puasa.

2. Puasa Romadhon juga mampu membakar penyakit yang ada di dalam  tubuh kita, terutama sumber penyakit yang ada di perut kita. Banyak sekali ahli kesehatan yang mengatakan bahwa sebagian besar sumber penyakit bersarang di perut. Oleh sebab itu Allah mengajarkan kepada kita hambanya bagaimana cara menjaga kesehatan perut yakni dengan puasa. Dengan puasa kita akan mampu mengontrol kualitas dan kuantitas makanan yang kita makan, yakni makanan yang halalan toyyiban ( halal dan sehat/ bergizi). karena banyak kita jumpai, ada makanan yang halal tapi tidak toyyib, dan juga ada yang toyyib tapi tidak halal. ( contohnya bisa Anda cari sendiri).
Oleh karena itu, jika seseorang melakukan puasa dengan benar, maka ia akan merasakan adanya peningkatan stamina dalam dirinya... (silahkan instropeksi diri atas puasanya masing-masing).

3. dan yang utama, puasa Romadhon Akan mampu menghapuskan dosa dan noda kita di hadapan Allah SWT, jika kita berpuasa dengan benar dan diterima Allah SWT. ini adalah janji dari Allah SWT sebagimana diriwayatkan dalam salah satu hadist, yang kurang lebih artinya:
Barang siapa berpuasa di bulan romadhon dg rasa Iman dan penuh pengharapan atas ridho Allah SWT, maka seluruh dosanya akan diampuni Allah SWT, baik dosa yang lalu maupun dosa yang akan datang.... Subhanallah.

Demikian, smoga bermanfaat...amin.

Tidak ada komentar: