Jumat, 03 September 2010

Pantang bagi Murid untuk Mengisi Raportnya Sendiri

Ass! Apa kabar saudara seiman? semoga kita semua tetap dalam is]am dan iman, sehat jasmani dan ruhani serta selalu dalam kebaikan...amin!

saudara sekalian, dalam kesempatan kali ini penulis ingin mengajak kepada kita semua untuk menjaga niat dan semangat beribadah di beberapa hari terakhir bulan romadhan ini. karena kita tak tahu apakah kita masih bisa bertemu romadhan tahun depan.

beberapa hari terakhir, atas kehendak Allah, penulis mendapatkan beberapa nasehat yang sama dari sumber yang berbeda, yakni tentang "raport/ catatan amal kehidupan kita yang akan kita terima kelak nanti di akherat". Mulai dari teman diskusi, khutbah jum'at, kultum ba'da tarawih dan juga kajian subuh... alhamdulillaah!

sebagaimana kita tahu dan yakin bahwa setiap manusia akan menerima catatan amalnya mulai dari baligh hingga tutup usia, baik yang sederhana hingga yang luar biasa, baik yang tersembunyi hingga yang terdeklarasi, baik niat di hati- terucap dilisan hingga yang terwujud dalam sikap laku sehari-hari.
siapa yang berbuat baik maka akan dibalas baik, siapa yang berlaku buruk maka akan dibalas serupa, kecuali Allah berkehendak lain (memaafkannya).
ada yang menerima catatan amalnya dari tangan kanan dan disampaikan dengan cara yang sopan dan lembut, namun ada yang menerima catatan amalnya dari tangan kiri dan disampaikan dengan cara kasar dan dilempar!(Na'udzubillah)

Hikmah dari nasehat ini bagi penulis adalah :
Kita tak pernah tahu tentang catatan amal kita nanti (baik/buruk, diterima dari kanan/ kiri, disampaikan dengan cara sopan/ kasar), karena raport kita bukan kita sendiri yang ngisi.
ibarat guru dan murid, sepandai-pandai murid, pantang bagi murid untuk mengisi raportnya sendiri,apalagi mengisi raport teman/orang lain. kalau raport sendiri saja kita tak tahu pasti, bagaimana kita mengaku bisa menilai raport orang lain.
makna kiasnya...silahkan pembaca mencernanya sendiri...!

semoga tulisan singkat ini menjadi inspirasi kebaikan diri... amin
wass.

Tidak ada komentar: