Rabu, 08 September 2010

Makna 'Idul Fitri

Bismilllaahirrohmaanirrohiim
Alhamdulillah,wassholatuwassalaamu 'alaa rosulillaah, laa haulaa walaa quwwataa illaa billaah

Idul fitri secara bahasa berarti kembali Fitri (suci).
Maknanya kurang lebih: Kembali kepada penciptaan awal manusia yang fitrah/ suci (tanpa dosa).

Mengapa hari raya setelah romadhan disebut hari raya Idul Fitri?
Ini menunjukkan harapan dari Allah  (dan kita semua meng-amini-nya) agar Allah mensucikan dosa-dosa kita karena puasa kita telah bisa mengantarkan kita kepada kondisi batin/ruhani seperti awal kita diciptakan, yakni suci aqidahnya (tanpa dikotori dengan keraguan dan kesyirikan sedikitpun) , suci ibadahnya (niat ibadah hanya karena Allah sehingga dilaksanakan sesuai dengan syariat Allah dan sunnah Rosulullah) dan suci mu'amalahnya (tiada rasa hasad/iri &/dengki, riya'/ujub &/takabbur)

Mengapa demikian? Karena Allah maha suci, maka Ia hanya menerima amal ibadah yang suci dan tidak akan mengijinkan hamba-hamba-Nya untuk memasuki syurgaNya kecuali yang telah Ia sucikan! Oleh karenanya, Allah mencintai hamba-hamba-Nya yang selalu berusaha untuk mensucikan dirinya!

Inilah mungkin hakekat tujuan dari ibadah kita yang kita kerjakan selama ini, yakni mampu membawa kita semuanya kepada kesucian. Maka sangat tepat bila para ulama dan ahli fikih menempatkan Bab Thoharoh (mensucikan diri) dalam kitab-kitabnya sebagai Bab awal / pertama yang harus dipelajari sebelum mempelajari bab-bab selanjutnya.

Dan mungkin ini pula yang menjadi rahasia orang-orang yang dipilih Allah sebagai hamba-Nya yang berhak untuk mendapatkan penghargaan dan karunia di malam istimewa (lailatul QODAR), yakni hamba-hamba-Nya yang telah menunjukkan kesungguhannya dalam mensucikan dirinya di hadapan Allah selama bulan romadhan.
Pertanyaannya, sudah kah kita sungguh-sungguh mensucikan diri kita selama sebulan romadhon kemarin? Puasa kita? Tilawah kita? Sholat 5 waktu kita? do'a-do'a kita? Zakat-infaq dan sedekah kita? I'tikaf kita?

Bukankah kita semua yakin dan faham bahwa malam lailatul Qodar adalah malam diturunkannya AlQur'an yang suci, oleh Allah yang maha suci, melalui malaikat yang suci, kepada utusannya (Muhammad) yang disucikan!
Tidak boleh menyentuh Alqur'an kecuali yang bersuci, tidak diterima amal ibadah kecuali yang suci dan tidak masuk syurga kecuali yang telah disucikan!

Wallaahu a'lam. Semoga bermanfaat!
Walhamdulillaahi robbil 'aalamiin

Tidak ada komentar: